Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Paus Biru, Hewan Terbesar di Bumi Saat Ini

Hewan apa yang terbesar di dunia saat ini? Jawabnnya adalah pau biru. Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut yang tergolong dalam subordo paus balin.[ Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan massanya tercatat sebesar 181 ton atau lebih. Binatang ini diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui.
Baca juga: Kumbang Badak,Hewan terkuat di dunia
                                               

Paus yang panjang dan ramping ini memiliki bagian belakang (dorsal) yang berwarna abu-abu kebiruan dan bagian depan (ventral) yang lebih terang.[13] Terdapat paling tidak tiga subspesies paus biru: B. m. musculus di Atlantik Utara dan Pasifik Utara, B. m. intermedia di Samudra Selatan, dan B. m. brevicauda (juga disebut paus biru kerdil) di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Selatan. B. m. indica yang hidup di Samudra Hindia mungkin merupakan subspesies lain. Seperti paus balin lainnya, makanan pokok paus biru adalah crustacea kecil yang disebut krill. 
Baca juga: Katak Brazil, Hewan paling beracun di dunia


Blue whale size.svg
perbandingn paus biru dengan manusia
                                     

Paus biru sangat berlimpah di hampir seluruh samudra hingga awal abad ke-20. Selama lebih dari satu abad, paus ini diburu sampai hampir punah sebelum akhirnya dilindungi oleh komunitas internasional pada tahun 1966. Menurut sebuah laporan pada tahun 2002, terdapat sekitar 5.000 hingga 12.000 paus biru di seluruh dunia yang terbagi dalam sedikitnya lima kelompok. Penelitian terkini subspesies paus biru kerdil menunjukkan bahwa perkiraan ini mungkin terlalu rendah. Sebelum berlangsungnya perburuan paus, populasi terbesar berada di Antartika, yang jumlahnya kurang lebih sebesar 239.000 (antara 202.000 hingga 311.000). Saat ini konsentrasi kelompok di Samudra Pasifik Utara bagian timur, Antarktika, dan Samudra Hindia jauh lebih rendah daripada angka sebelumnya (kurang lebih 2.000). Terdapat pula dua kelompok lain di Samudra Atlantik Utara, dan paling tidak dua kelompok lagi di Belahan Selatan.
Baca juga:Cheetah, hewan darat tercepat di dunia

Paus biru memiliki tubuh yang panjang dan tampak membentang bila dibandingkan dengan tubuh paus lain.[28] Kepalanya datar, berbentuk seperti huruf U, dan memiliki punggung yang terbentang dari lubang sembur hingga bagian bibir atas.[28] Bagian depan mulut dipenuhi oleh plat balin (terdapat sekitar 300 plat, dan masing-masing panjangnya sekitar satu meter)[28] yang tergantung di rahang atas. Antara 70 hingga 118 lekukan (disebut plat ventral) membentang di sepanjang leher dan sejajar dengan panjang tubuh. Plat ini membantu mengeluarkan air dari mulut setelah makan (lihat cara makan di bawah).

Sirip punggung paus ini kecil[28] dan berkisar antara 8–70 sentimeter (3,1–28 in) (biasanya 20–40 sentimeter (7,9–16 in)) dengan rata-rata 28 sentimeter (11 in). Sirip ini bentuknya bervariasi; beberapa hanya berupa gumpalan yang hampir tidak terlihat, sementara yang lainnya punya dorsal yang menonjol dan berbentuk seperti sabit. Ketika menuju ke permukan untuk bernapas, paus biru mengangkat bahu dan lubang semburnya di permukaan yang jangkauannya lebih besar daripada paus besar lain seperti paus sirip atau paus sei. Ciri ini dapat digunakan oleh peneliti untuk membedakan spesies-spesies paus. Beberapa paus biru di Atlantik Utara dan Pasifik Utara mengangkat ujung ekornya saat menyelam. Ketika bernapas, paus mengeluarkan semburan kolom vertikal yang dapat mencapai 12 meter (39 ft) (biasanya 9 meter (30 ft)). Kapasitas paru-parunya adalah 5.000 liter. Paus Biru juga punya lubang sembur ganda yang terlindungi oleh splashguard besar agar air tidak masuk saat sedang bernapas.

Panjang sirip depan paus biru kurang lebih antara tiga hingga 3–4 meter (9.8–13.1 ft). Bagian atasnya berwarna abu-abu dengan pembatas putih tipis, sementara bagian bawahnya berwarna putih. Ujung kepala dan ekor secara umum berwarna abu-abu. Bagian atas paus biru, dan kadang sirip depan, biasanya memiliki belang-belang. Kadar belang tersebut bervariasi dalam masing-masing individu. Beberapa mungkin berwarna warna abu-abu kebiruan seluruhnya, namun yang lainnya menunjukkan variasi biru gelap, abu-abu, atau hitam, yang dipenuhi belang-belang.

Paus biru dapat menempuh kecepatan 50 kilometers per hour (31 mph) (biasanya ketika berinteraksi dengan paus lain), namun kecepatannya biasanya hanya 20 kilometers per hour (12 mph). Ketika makan, kecepatan berkurang hingga 5 kilometers per hour (3.1 mph).


Paus biru kebanyakan hidup sendiri atau dengan individu lain. Tidak diketahui berapa lama paus hidup bersama. Di tempat berlimpahnya makanan, terdapat 50 paus biru di wilayah yang kecil. Namun, mereka tidak membentuk kelompok yang besar (tidak seperti paus balin lainnya).

Fakta-fakta paus biru


1.  Paus biru adalah mahluk terbesar yang masih ada sampai sekarang beratnya jika digambarkan adalah seberat 30 gajah dewasa dan panjangnya itu melebihi 2 bis sekolah.
2.       Paus biru adalah evolusi dari kuda nil, hewan ini membuat badannya ramping (agar lebih mudah untuk berenang) merubah kaki depan mereka menjadi sirip, menghilangkan kaki belakangnya dan membuat ekor yang kuat dan besar, mulut paus biru dapat menampung 100 orang dewasa, namun hewan ini malah memakan salah satu mahluk terkecil di bumi ini yaitu plankton.
3.       Paus biru makan dengan cara menyaring makanannya, hewan ini menelan air dalam jumlah banyak dan memisahkan antara air dan plankton menggunakan "keratinous" (rambut dan kuku manusia juga terbuat dari ini)
4.       Paus biru bernapas mengunakan paru-paru, dan letak lubang hidungnya ada di permukaan atas paus biru. (bahkan seorang bayi bisa masuk kedalamnya), lewat lubang inilah, paus biru menyemprotkan air yang ditelannya yang telah dipisahkan dari plankoton, semprotan airnya bisa mencapai 15 meter.
5.       Jantung paus biru memiliki besar yang sama seperti mobil angkot, jantung ini berdetak hanya 5 atau 6 kali per menit. Arteri paus biru sangat besar (sebesar pipa) bahkan anak kecil bisa masuk kedalamnya.
6.       Paus biru tidur sambil berenang, mereka menggunakan setengah otaknya ketika tidur.
7.       Paus biru adalah mahluk yang paling berisik di dunia, lagu yang dinyanyikan mereka dapat terdengar dari jarak beberapa kilometer.
8.       Selain manusia, predator dari paus biru ini adalah paus Orca dan Hiu Putih.

9.       Paus betina melahirkan 1 bayi setelah 1 tahun kehamilan, dan berat bayi paus biru yang baru dilahirkan sekitar 3 ton dan panjang sekitar 8 meter.

Posting Komentar untuk "Paus Biru, Hewan Terbesar di Bumi Saat Ini"